Tentang Booking Tiket AirAsia dan Keamanan Kartu Kredit

Kemaren ada teman yang minta di booking-in tiket AirAsia, masih baru juga sih soal ini tapi gak apa-apa lah coba-coba. Akhirnya setelah coba sana coba sini akhirnya bisa juga. Tiket buat tanggal 13 Februari ke Balikpapan akhirnya confirmed. Tapi saya mau bagi pengalaman soal ini. Pertama soal trik booking tiket Air Asia bagi yang belum tau dan yang kedua soal keamanan kartu kredit anda. Yang soal booking tiket AirAsia :

  1. Pastikan anda booking jauh-jauh hari supaya dapat harga paling kompetitif.
  2. Pahami benar-benar cara booking di website, baca dengan seksama jangan buru-buru. Harga promosi akan bertambah biaya lain-lain. Ada yang sudah fixed ada yang optional. Yang optional ini yang harus anda perhatikan. Yang pertama adalah Xpress Boarding, dengan layanan ini pada waktu masuk pesawat anda akan didahulukan untuk memilih tempat duduk. Kalau anda merasa tidak perlu, pastikan anda tidak mencheck pilihan ini. Yang kedua adalah Insurance, kalau anda merasa tidak perlu pastikan untuk tidak mencheck option ini.
  3. Setelah mendapat overall price, harga total, pastikan anda membandingkannya dengan maskapai lain. Kadang kita terlalu terlena dengan harga promo dan kemudian menyesal karena harga maskapai lain ternyata lebih murah.

Nah yang kedua adalah soal menjaga keamanan kartu kredit anda. Saya baru tahu untuk transaksi online dengan kartu kredit anda hanya butuh nama di kartu kredit, bulan berlaku, nomor dan nomor CVV atau CID kartu kredit anda. Nomor CVV atau CID adalah 3 nomor terakhir di nomor yang terdapat di bagian belakang kartu kredit anda. Riskan sekali kan, betapa mudahnya itu dijebol. Nah ini trik yang saya dapat dari Amir Sadikin, Kompas 17 Januari 2008 :

  1. Jangan pernah menunjukkan kartu kredit kepada orang yang tak berkepentingan. Jika memberikan kartu kredit untuk transaksi di kafe atau tempat belanja lainnya, pastikan Anda berada di tempat mesin gesek dan pastikan petugas tidak mengopi dua sisi kartu kredit.
  2. Samarkan atau tutup atau hapus saja angka bagian belakang (CVV/CVC), terutama tiga digit terakhir yang digunakan untuk keamanan transaksi online. Sebelum ditutup atau dihapus, hafalkan tiga digit CVV itu.
  3. Jangan pernah memberikan kartu kredit untuk difotokopi oleh sales-sales kartu kredit yang biasa beredar di supermarket, kecuali nomor CVV sudah ditutup.
  4. Jangan pernah belanja di toko online yang meminta kita mengisikan data kartu kredit di tempat itu secara langsung, kecuali di website yang menerapkan protokol SSL (Secure Socket Layer) dan sudah memiliki sertifikasi keamanan seperti dari VeriSign SSL Security atau dari Thawte SSL Sertificate.
  5. Toko online yang baik tidak akan mengoleksi data kartu kredit kliennya. Merchant yang baik akan menyediakan software pemroses kartu kredit yang terhubung dengan payment gateway yang sudah ternama di dunia. Payment gateway ternama dan bisa dipercaya antara lain Paypal (www.paypal.com), Moneybookers (www.moneybookers.com), 2Checkout (www.2checkout.com), Authorize (www.authorize.net), dan Transecute (www.transecute.com).
  6. Di Paypal atau Moneybookers, alamat e-mail akan menjadi rekening pengguna. Hati-hati dengan e-mail sampah yang berisi iklan atau tipuan (e-mail phising) untuk menjebak pemilik account untuk login di website palsu.
About these ads

23 thoughts on “Tentang Booking Tiket AirAsia dan Keamanan Kartu Kredit

  1. bagus neh pengalamannya buat sharing…
    BTW, nanya neh…apakah booking air asia HARUS pake kartu kredit? bisa gak kalo pake transfer ATM misalnya?

    regard

  2. Kepada Yth Air Asia
    Indonesia

    Dengan hormat.
    Perkenalkan nama saya Syukra Alhamda, saya telah masuk ke booking online Air Asia untuk pulang pergi tgl 7 novemver 2008 dan 10 november, pada saat mengisi isian pembayaran dengan kartu kredit, ternyata error ttg CVV/CID, saya sudah masukkan angkannya dengan hati-hati sekali, tetapi selalu Errors, bagaimana ini terjadi? kartu kredit saya VISA (dari Danamon) dengan EXP DATE 05/09. MOhon bantuan segera ya pak karena saya mau booking utk ke Jakarta pp ke padang.
    Terima kasih.

  3. pak klo gak salah airasia mintanya cuman satu aja, cvv atau cid, gak perlu dua-duanya. klo bapak sudah ikut semua dengan benar, hubungi card centre danamon supaya dapat penjelasan lebih lanjut.

  4. Ping-balik: Booking Online Tiket Pesawat AirAsia « Zacknov’s Weblog

  5. terimah kasih atas saranya, karna saya hampir saja memberikan CVV saya pada situshttp://www.VemmaBuilder!.com. saya tidak tau bahwa situs ini entah telah mendapat izin/belum mendapat izin. se x lagi terimah kasih atas bantuannya.

  6. Ping-balik: Tentang Transaksi Online dan Keamanan Kartu Kredit « Wong168's Blog

  7. saya ingin booking tiket di tigerairways,krn sy ingn book dgn credit card ada kolom CVV, apakah ini aman untuk diisi? coz saya agak was was juga. minta bantuan n infony thx b4.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s