Ayah Angelina Sondakh:Prof.Sondakh: Angie Pindah Agama? Itu Isu!

Harian Komentar Sabtu 23 Agustus 2008

Kabar bahwa Puteri Indo-nesia 2001, Angelina ‘Angie’ Sondakh pindah agama, kian santer diberitakan. Angie sendiri menolak menjawab berita ini. Namun begitu, per-nyataan Prof Dr LW Sondakh MEc yang tak lain ayah Angie, setidaknya menepis kabar heboh tersebut.
“Angie pindah agama? Ah, cuma isu (itu),” tukas Prof Sondakh ketika dikonfirmasi Komentar melalui ponselnya, kemarin (22/08). Mantan Rektor Unsrat ini pun meya-kini Angie tak akan mungkin melepas keyakinannya selama ini. Karena dirinya selaku orangtua, mendidik anak-anaknya harus terbuka mem-pelajari dan menghormati agama-agama lain, tetapi tetap teguh pada iman masing-ma-sing. “Respect of human rights seperti ajaran kasih Kristus,” ujar Prof Sondakh.
Karena itu, Prof Sondakh menilai, terangkatnya kabar bahwa putrinya pindah agama, lebih bersifat opini. Itu katanya, bukan lagi fakta karena tidak ada bukti yang mendukung. Selain itu, kabar ini terlalu dipolitisir untuk menjatuhkan karir Angie di politik. “Dua tahun lalu, ka-sus ini sempat terangkat dan muncul lagi menjelang pemilu legislatif. Bisa dimaklumi, karena temperatur politik makin panas. Jadi biarlah soal iman menjadi privat (uru-san pribadi) kita masing-ma-sing. Syaloom,” pungkas Prof Sondakh yang mengaku ber-ada di Jakarta dan bersama Angie.
Sebelumnya sebagaimana dilansir berita detikhot, Ustad bernama Agus Abubakar mengatakan, Angie telah mempelajari agama Islam, persisnya sejak kenal dekat dengan kekasihnya, Adjie Massaid. “Angie belajar ten-tang Islam sejak dekat dengan Adjie dan ingin dekat dengan anak-anak Adjie,” ujar Ustad Agus Abubakar Arsal di ke-diamannya di kawasan Jati Melati, Kampung Sawah no 39, Jatiwarna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (22/08).
Keinginan Anggie tersebut ditambahkan sang ustad karena anggota DPR itu juga ingin membantu anak-anak kekasihnya ketika belajar. “Untuk itu ia mungkin juga merasa perlu belajar agama,” jelas Ustad Agus Abubakar.
Angie yang belajar agama Islam menurut Ustad Agus adalah sesuatu hal yang wajar. Apalagi jika perempuan 30 tahun itu ingin menikah de-ngan Adjie, tentunya ia sudah harus jadi Muslim.
Perempuan asal Manado itu memang belajar Islam setelah pacaran dengan Adjie. Namun menurut Ustad Agus Abuba-kar keinginan Angie tersebut bukan karena dorongan keka-sihnya.
“Ia selalu menegaskan tidak ada hubungannya dengan Adjie. Jika kelak memang berjodoh, itu berarti pilihan Angie untuk memeluk agama Islam,” urai pria lulusan Ilmu Filsafat Universitas Indonesia itu. Sedangkan Angie yang ditemui wartawan di lobi ruang sidang Komisi X DPR RI Senayan, enggan bicara soal isu dirinya pindah keyakinan.
“Pokoknya saya nggak mau pertanyaan soal pribadi ya. Kan saya menjabat sebagai sekretaris partai, makanya saya nggak mau komentar soal uru-san pribadi saya,” ujar Angie yang diusung Partai Demokrat sebagai legislator Senayan.
Selain kabar soal pindah agama, Angie juga digosipkan telah tunangan dengan pacar-nya, Adjie Masaid. Namun lagi-lagi Angelina menolak bicara. Katanya ia belum ingin ko-mentar karena masih berstatus sebagai sekretaris Partai De-mokrat. “Ya, kan saya men-jabat sebagai sekretaris partai, makanya saya nggak mau komentar soal urusan pribadi saya, ya,” tegasnya.(sel/dth)

128 thoughts on “Ayah Angelina Sondakh:Prof.Sondakh: Angie Pindah Agama? Itu Isu!

  1. salom..pak Prof.Sondahk.
    ini komentar pak prof,pada sabtu 23 august 2008,yg menyatakan tidak mungkin,putri bapak,pindah agama,saat Angie,mempelajari agama lain,bapak berkata,itu ajaran kasih Kristua”Respect in Human rights” ternyata bapak berbohong,sdh Prof mantan rektor,tua tua di Gereja atau pernah menjadi Majelis di gereja berbohong lagi., kemudian disuatu pesta sehabis pasangan ini menikah di KUA,pulogadung,ada saya lihat bapak tersenyum ikut tawa ria di tayangan salah satu media televisi.itu hak pak prof,itu kan putri bapak,betul…tapi sikap bapak dan koment bapak sangat menyakiti,hati kami umat percaya,itusaja..kiranya pak prof,dapat pencerahan dari tuhan kami Jesus Kristus,kami ragu apakah pak prof dan saya masih satu iman…JBU.

  2. Pak Sihombing, saya mengerti pasti Anda merasa kecewa atas keputusan Mbak Angelina. Tapi janganlah kita menyalahkan Bapak Sondakh. Kita tidak tahu betapa dalam luka hati Bapak Sondakh melihat putrinya menjadi domba yang hilang. Mari kita doakan keluarga mereka semua, biar tetap diikat dengan kasih Kristus dan damai sejahtera menyertai keluarga beliau.

    Saya percaya waktu Bapak Sondakh berbicara di pers mengenai ini, memang kenyataannya seperti itu. Beliau yakin putrinya tetap pegang teguh keselamatan yang diberikan Jesus kepadanya. Siapapun tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang bukan? Hanya Tuhan yang tahu…

    Saya percaya semua saudara2 seiman kita pasti akan merasa sedih atas kehilangan satu saudara dalam Tuhan, tapi kita harus tetap mengasihi Ibu Angelina seperti diajarkan Jesus ke kita.

    Tuhan Berkati Saudara.

  3. Kalau hanya domba seekor diselilingi oleh kambing, ya jangan heran terjadi seperti itu.

    memang mba angelina itu hannya kristen tapi belum pernah kenal kristus secara pribadi.
    Orang yang hanya kristen tidak pasti kenal kristus dengan benar.

    Kita doa kan dia bahagia.

    Salom pak…. plis mampir ke blog saya.

    1. salam buat angelina s…..saya setuju aja dia pindah agama….karena agama lamanya memang ajaran yang gakk jelas, bagaimana mau mengikuti ajaran kristen…itukan buatan paulus manusia biasa seperti kita…tolong disadari bahwa hanya orang2 pitar saja yang mau masuk islam itu adalah kenyataan yg gak bisa di bantah..karna orang bodoh daya berfikirnya sempit makanya tetap bertahan sebagai kristen…salom…

      1. jadi, orang Is**m yg teriak allahu akbar angkat parang sambil menyerang orang2 tak berdosa itu…orang pintar????

      2. dan inilah buktinya sebagai orang pintar tapi tidak bijaksana dalam hidup. akhirnya masuk bui juga kan

      3. Gak usah saling menyalahkan….Siapa yang pintar siapa yang bener…tar juga tw kok mana yg bener and salah di Hari Kiamat nanti ok…!!! Ingat kejadian AMBON, POSO, TERNATE…!!!

  4. Kami berdoa Ibu Angelina Sondakh hanya “khilaf” sehingga jadi “muallaf”. Sungguh sayang bu, Kami berpuluh-puluh tahun baru sekarang dianugerahi berita keselamatan, ibu mungkin dari kecil sudah mengenal anugerah itu kok malah terlepas ya bu. Kami hargai keputusannya bu. Saran kami ibu bergumul denga ini semua pandang salib Yesus lagi, di situ ada Damai dan Kasih.

    Syalom

  5. Saya Sangat Kecewa Dgn Ibu Angelina Sondakh, Bner2 Kcewa Banget. Smoga Tuhan Yesus Mengampuninya. Untung Saya Blm Sempat Beli Bukunya, Klo Jd Beli?? Mungkn Smpai Matipun Saya Akan Ingat!!!

  6. apa jawabmu ketika muka dengan muka bertemu dengan Tuhan Yesus. ternyata seorang duda lebih berharga bagi kamu daripada Tuhan yg rela disalib demi menebus umat berdosa. selamat jalan ke neraka………..

  7. kita tdk bisa terlalu menyalahkan angelina..memang doi cantik dan seksi, tp siapa tahu yg sesungguhnya kalu dia emang kagak laku alias ndak ada cowok kristen yg ngejar2 dan sungguh2 mencintai angelina, karena udah pada minder duluan ngelihat reputasi dari angelina tsbt…padahal beliau udah kepepet kawin karena umur…semoga analisa ini benar,

    Ps. Tuhan akan memberikan keselamatan kepada siapapun yang meminta kepadanya, karena Tuhan tahu manusia itu lemah…

    1. Tuhan tidak akan pernah memaafkan siapapun manusianya jika sudah menjual Tuhannya baik dengan alasan apapun tanpa terkecuali….,,,
      Upah angelina sondakh adalah neraka….

      1. Mhon ma2f buat p’arthur yach,,??
        ma2f ya jka slah nma,,,,

        Kita jgn sling mnyalahkan,,kita sma2 pux agama msing2,,,mngkin Tuhan b’kata lain u/ mbak angie,,,,dan smua agama kita saling mnghormati, sling mnghargai dan sling mngasihi,,,,,

        thank’s

      2. pa arthur yang terkasih, Tuhan Yesus maha pengasih, Dia akan selalu menunggu sampai pada akhirnya orang yang meninggalkan Dia benar2 percaya dan menaruh hidup sepenuhnya kepadaNya. semoga mba Angie dapat memahami kasih Kristus yang sesungguhnya. amin

  8. sungguh sangat di sayangkan Jika Ibu angelina sondakh lebih memilih Manusia daripada Tuhan Yesus yang telah mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia dengan DarahNya yg mahal. saya umur 27 th baru mengalami encounter, perjumpaan dengan Tuhan Yesus secara Pribadi dan mengalami Kasih dan Karunia Roh Kudus. ingatlah Firman Tuhan di ibrani 6 : 4-6 sbb : sebab mereka yang yg pernah di terangi hatinya yg pernah mengecap karunia sorgawi, dan yg pernah mendpt bagian dalam Roh Kudus dan yg mengecap Firman yg baik dari Allah& karunia2 yg akan dtg namun murtad lagi, tidak mungkin di baharui sekali lagi demikian hingga mrk bertobat, sebab mrk telah menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mrk dan menghinaNya di muka umum. saya berdoa agar Ibu angelina boleh terbuka mata hatinya supaya kembali kepada Tuhan Yesus. karena kita tahu bahwa Yesus adalah Jalan kehidupan dan kebenaran dan tidak ada seorangpun yg akan datang kepada Bapa jika tidak melalui Yesus. Thanks GBU…

  9. Allah Baik sungguhlah amat baik,,, apa yg dia berikan kepada hidupku………….
    Tuhanku, Yesusku, Engkaulah Hakim Terakhir, jgn biarkan anak2mu disini menghakimi org dan mereka jatuh kedalam dosa…
    Tuhan Beserta Kita

  10. Mau angie kristen atau islam terserah Dia.yg harus dia tau Tuhan Yesus bukan Tuhanya orang kristen,Tuhan Yesusa bukan untk pendeta maupn pastor.tp Tuhan Yesus buat smua orang yg mau dateng kepadaNya dan percaya bahwa hanya Dialah jalan keslamatan.mgkn dgn dia muslim dia bisa membritahukan ke agama lain.Tuhan berkata “Bukan kamu yg memilih Aku,tp Akulah yg memilih kamu”

  11. Saya barus aja membaca kembali buku nya angie yang dia buat saat pengalaman dia menjadi Putri Indonesia,dalambukunya dia banyak mengucapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yesus , dan saya jadi teringat kalau dia sekarang bukan lagi Kristen .
    Sangat disayangkan ya , tetapi jalan hidup orang pilihan ada ditangannya sendiri , smoga yang dipilih yang terbaik
    Tapi seandainya Tuhan Yesus tdk menyertai dan memberkati hidup angie dgn segudang prestasi dan kelebihan , belum tentu dia ketemu suaminya , achhhhhh susah ya

    1. Betullll . Betulll. Semua sudah diatur sama yang Di Atas. Cobaan bukan berarti hukuman. Makin banyak cobaan, makin sayang Tuhan pada kita. Semua itu untuk menguji sebesar apa iman kita…

    1. Penting !!!
      Sebelum pindah agama, sebaiknya anda belajar sejarah dulu. Lihat mana yang bener dan mana yang salah. Bandingkan dengan ajaran-ajaran yang lain. Jangan “PERCAYA DULU”, baru “BELAJAR”…
      Hanya “ORANG2 BODOH” yang mau percaya sesuatu yang belum dia pelajari. Disuruh masuk jurang, katanya ga bakalan mati, yang penting percaya dulu, faktanya belakangan. Masuk akal ga tuh?! hihihihihihih… Coba deh ente praktekin. Isa Al Masih ga bakalan nolongin orang2 bodoh kayak kalian. Amin….

    1. Mba’ Anggie tidak meninggalkan agamanya. Dia hanya meluruskan mana yang benar dan mana yang dah terlanjur salah. Tunannya tetap sama… Allah. Embel-embelnya yang di pleset-plesetin ma orang-orang sok pinter, hahaha…

      1. Bertobatlah, dan percayalah kepada Injil. Nabi setelah kedatangan Yesus Kristus adlh nabi palsu !
        Yang dianggap Nabi seperti : Nabi Adam, Nabi Abraham, Nabi Nuh, Nabi Musa, Nabi Yoshua, Nabi Yeheskiel, sedangkan Nabi Kecil seperti : Nabi Daud, nabi Samuel. Sedangkan Nabi Muhammad tidak ada….. itu dalam Injil. Sedangkan Yesus Kristus ada dalam Al Quran yang disebut kalian Nabi Isa. Muhammad saja masih minta pengampunan kepada Yesus Kristus, entah masuk surga apa belum. Org2 Muslim saja masih mendoakan dia : “Berilah tempat yang mulia untuk nabi kami….Muhammad”. Jelas dia saja belum selamat. Sedangkan Yesus Kristus menyiapkan tempat di Surga untuk umat manusia, sampai rela wafat di kayu salib untuk menebus dosa umat-Nya.
        Sekilas tentang Muhammad, awalnya adl seorang ekonom. Dia buat kebijakan dan dikorp sbg keputusan agama agar semua Muslim ke tanah Arab utk menunaikan ibadah haji. Sehingga berjuta2 umat di slrh dunia menyumbangkan devisa ke negara Arab, shg negara itu kaya, krn sadar dari minyak, lama2 akan habis.
        Jadi jangan meninggalkan agma hanya demi nafsu duniawi belaka, sadarlah…….!!
        Yesus Kristus akan datang utk yang kedua kalinya dan akan menghakimi orang-orang yg fasik, yg kita sebut Armagedon. Kata itu hanya ada sekali disebut dalam kitab Wahyu 16:16
        Baca juga Wahyu 22:12.

  12. salam buat angelina s…..saya setuju aja dia pindah agama….karena agama lamanya memang ajaran yang gakk jelas, bagaimana mau mengikuti ajaran kristen…itukan buatan paulus manusia biasa seperti kita…tolong disadari bahwa hanya orang2 pitar saja yang mau masuk islam itu adalah kenyataan yg gak bisa di bantah..coba lihat para tokoh2 terkemuka dunia juga karena pintar dan nalarnya bekerja maka dia mendalami ajaran islam sehingga dia pinda agama (meninggalkan ajaran yesus) karna orang bodoh daya berfikirnya sempit makanya tetap bertahan sebagai kristen…salom…

      1. Mas Jackie….!!!! sebaiknya Baca Injil Yohane, Markus, Lukas, dan Matus dari pada baca Surat2 Paulus kepada Jemaat. biarlah Iman Anda dapat bertumbuh dan anda menjadio pengikut Kristus yang Luar Biasa..
        kalau Anda orang Kristen yg berkomentar seperti itu maka saya Doakan darah Yesus mengapuni perkataan sudara tentang Injil (I Yohane 1:9) Namun bila Anda agama Lain saya doakan anda segera Menerima Yesus secara pribadi dengan Mengudangannya Yesus Kristus dalam hati Saudara berdasarkan Wahyu 3:20. amin..!

  13. Dengan berpindah agamanya angelina sondakh, terbukti Tuhan akan mengambil orang yang membuat dia indah keyakinan.. suaminya akan diambil Tuhan Yesus… sangat menderitalah si angelina, menjadi janda. Maaf kalo kata2x saya agak keras, tp memang itu kenyataan, orang yang Murtad, ggk ada pengampunan… Amin. Jesus Bless Us.

    Catatan : Menghina Tuhan Yesus, lihat akibatnya !!!….

      1. Kamu kalau ketahuan Islam yang sudah Pintar dan Mendalami ALQuran Nur Karim bisa di omeli Apalagi bagi yang mendalami dua duanya Injil Dan AlQuran,-
        Coba baca Surah Al Maida 45 ayat 3 ; Isa Ibnu Maryam,yang terkemuka di Dunia dan di Akhirat,yang mengetahui tentang hari Akhir,-
        di Surah lain yg saya sdh agak lupa jelas dikatakan : Hanya Aulloh Subahana wata Aulloh satu satunya yang mengetahui tentang Hari KIAMAT ( hari akkhir ).- jadi Apa kata Al Quran tentang Nabi Isa Alahisalam.-selaras dengan Injil Yohanes 14 Ay:6 .-“Akulah kebenaran Jalan dan hidup tiada seorang pun sampai kepada Bapa kalau tidak melalui AKU.-

    1. Diambil suaminya, dicopot jabatannya, disita hartanya, nginap di penjara. Itu semua bentuk dari rasa sayang Tuhan buat Mba Anggie. Bukankah makin banyak cobaan, berarti makin sayang Tuhan pada kita. Untuk menguji sebesar apa keyakinan Mba Anggie masuk Islam. Apakah dengan datangnya cobaan yang bertubi2 dapat membuat Mba Anggie “balik lagi”??? Kalo iya, berarti Mba Anggie belum benar2 belajar Islam. Tapi jika ternyata dia tahan,… disitu akan terbukti kekuatan imannya. Semoga Allah mengangkat kembali derajad Mba Anggie. Memulihkan kehidupannya seperti semula. Serta memberikan rejeki yang berlimpah setelahnya… Andai Isa Al Masih ada disini, Dia pasti sedih melihat umatnya yang pada akhirnya tidak mengikuti ajarannya, malah ngikutin ajarannya Paulus yang ciptain agama sendiri tanpa sepengetahuan Isa Al Masih. Lha wong Isa aja ga pernah ngaku-ngaku kalo dia Tuhan. Dasar si Paul, bikin heboh aja. Yaaaahhh … namanya juga pengkhianat. Tapi koq banyak banget pengikutnya yah?!?!?! Apa manusia-manusia di bumi ini banyakan orang bodohnya yah?!?!. Eh ..?!?!?! Ngomongin si Paul, namaku kan juga Paulus?! hihihi.. Tapi syukurlah aku Muslim, besok ganti nama ahh jadi Paulien, hihihi… Alhamduuuuuuuuu… lillaaaaaaahhhh…. ^_^

      1. carilah dulu kerajaan Allah dan kebenaranNya dan semua akan ditambahkan padamu, haleluya…. amin. itu sama saja dengan anda tidak pernah baca buku cerita ttg sejarah Ken Dedes, tapi protesnya minta ampun ttg Ken Dedes. jangan asal ngomong bro, karna mulut badan binasa, tapi bagi kami, anda tetap kami doakan dalam kasih Kristus agar selalu sejahtera dalam hidupmu. amin

  14. ahh…..Angie pindah agama karena ingin merasakan penis yang sudah sunat aja tuh….
    Angie gak tau kalo tradisi sunat juga ada di kalangan Kristen …
    Coba aja cowok Kristen suku Jawa atau sekalian bule Amrik ….pasti disunat ….
    Angie aja yang bego ….sekarang suaminya KOIT baru NYAHO deh die ….

    1. Emangnya kamu berani disunat?!?! Kalo ga berani jangan ngomong deh. Tradisi sunat ada dikalangan Kristen?!?!?! Ga salah tuh Bro?!?! Kog semua temen2ku yang non Muslim ga ada yang disunat????? Uang jajannya kali yang disunat, hahahahaha…

  15. Buat Marti & Richard…
    Ke Lauut aja deh Lo… Udah kayak paling beriman aja.. Apa yg Lu tau ttg Yesus?kyk udah jadi pendeta yg paling ngerti agama aja…
    Respect people’s choice broo.. Hanya Tuhan yang paling tahu mana yang benar…

  16. mari kita belajar saling menghargai sesama,bukan agama yang menyelamatkan qta tapi iman dan amal perbuatan qta.Hanya Tuhan yg berhak menghakimi manusia,baik buruknya selama hidup dia yang akan menanggung bukan qta secara pribadi.Alangkah indah hidup ini jika tidak ada kata hina dan hujatan serta dendam dengan sesama.adalah kewajiban qta saling mengingatkan.YANG BENAR MENURUT MANUSIA BELUM TENTU BENAR DIHADAPAN ALLAH…Amin
    keep the faith

  17. mari kita belajar saling menghargai sesama,bukan agama yang menyelamatkan qta tapi iman dan amal perbuatan qta.Hanya Tuhan yg berhak menghakimi manusia,baik buruknya selama hidup dia yang akan menanggung bukan qta secara pribadi.Alangkah indah hidup ini jika tidak ada kata hina dan hujatan serta dendam dengan sesama.adalah kewajiban qta saling mengingatkan.YANG BENAR MENURUT MANUSIA BELUM TENTU BENAR DIHADAPAN ALLAH…Amin
    keep the faith
    Powered by WM

  18. angie sudah cukup menderita dengan kepergian suaminya, kenapa kita harus menambahnya dengan penghinaan dan caci maki, sebagai orang kristen mari kita doakan agar angie diberi ketabahan dan kekuatan, dan melalui peristiwa ini angie dapat kembali kejalan yang benar…..
    JLU….. angie

    1. sebagai orang kristen yang berdasarkan hukum kasih tidak baik kita saling menghina serta menghakimi tindak tanduk sesama kita manusia,justru marilah kita kasihi orang2 yang sedang berduka spt angie dan ampunilah kesalahan2 orang yang tidak tau sebab mereka tidak tau apa yang mereka perbuat,seperti orang gila yang tak tau apa yg diperbuatnya……………GBU ALL

  19. pd dasarx semua agama didunia ini sama.mari qta sama2 mendoakan alm, semoga amal ibadahx ditrima disisi yg maha kuasa & klrga yg ditinggalkan diberikan ketabahan. Amiiiiin……

  20. Untuk PEMUDA dan PEMUDI Kristen.Janganlah kamu putuskan YESUS Yang akan menjadi mempelai abadi kamu. mempelai di dunia istri/suami hanya singkat suatu hari qta berpisah entah 1 thn atau 50 thn akan mati.jangan hanya karena cinta di dunia kmu buta.dan cahaya yesus kmu tidak lihat lagi

    1. Jack simak dan baca baik2 !! Pakai nalarmu ya…buktikan!!
      Fakhr al-Din al-Razi (wafat tahun 1209) penafsir Qur’an yang kesohor mencoba menegaskan sekaligus memperluas argumentasi al-Tabari. Ia menambahkan bahwa orang-orang Muslim akan masuk neraka, namun mereka akan merasa dingin seperti sedang berada di lemari pendingin, sebuah tempat yang penuh rasa damai dan sukacita. Di sana mereka akan menggigil dan gigi mereka bergemeretak. Ini mirip dengan apa yang dialami oleh nabi Ibrahim (!)
      dalam dapur api yang ada di Eufrat (Sura al-Anbiya 21:68-69).
      PERTANYAAN SERIUS:
      Muhammad telah meninggal dengan mewariskan ayat tentang “pemastian masuk keneraka” yang sangat merisaukan umatnya. Tentu saja Muslim berusaha untuk meringankan beban dekrit yang menggetirkan ini. Tetapi makin mereka berenang mencari pendalilannya, makin jauh mereka dibawa masuk dalam samudra tanpa tepian. Pertanyaan inti adalah: Dimana Muhammad sekarang? Sebab pada akhirnya, setiap pengikutnya pasti mendasarkan posisi keberadaan Nabi junjungannya itu untuk diproyeksikan balik kepada dirinya, bukan?
      Baik. Hadis Shahih Bukhari Volume 1, Buku 8, No.345 telah menceritakan betapa Muhammad walau masih didunia ini namun telah pernah diangkat naik kesurga bersama Jibril, lalu bersilaturahmi dengan para Nabi-nabi Alkitab seperti Adam, Idris, Musa, Yesus dan Abraham, yang telah ada dilangit pertama hingga langit ke-enam khusus tempat Ibrahim ditempatkan!
      (dan ini berselisih tajam dengan periwayatan Shahih Muslim yang sama-sama shahih: ada tambahan Buraq, tambahan nabi-nabi Yahya, Yusuf, Harun, dan tambahanlangit ke-7 untuk tempat Ibrahim, bukan langit ke-6!).
      Nah, jikalau Muhammad telah menyaksikan Firdaus sementara ia hidup didunia, maka kenapakah ia sekarang harus menunggu-nunggu sampai kiamat untuk masuk kesurga SETELAH kematiannya ditahun 632?  Kenapa ia tak ada disurga saat ini bersama dengan para nabi yang lebih “kecil-derajatnya” dari dia? Bukankah Muhammad telah terlanjur sesumbar berkata:
      “Akulah manusia yang paling banyak pengikut-nya pada hari kiamat. Dan akulah orang pertama yang mengetuk pintu surga.”
      “Aku mendatangi pintu surga pada hari kiamat untuk membukanya. Maka penjaga pintu bertanya, ‘Siapakah kamu?’ Aku menjawab, ‘Muhammad’. Ia megatakan, ‘Kepadamu aku diperintahkan agar aku tidak membukanya untuk seorangpun sebelummu” [HR.Muslim (3/73-Syarah An-Nawawi)].
      Jadi, kontradiksi lagi, siapakah yang pertama-tama masuk ke surga? Para nabi seperti yang dinarasikan dalam Hadis Bukhari DAN al-Quran (surat 4:158), ataukah Muhammad dalam klaimnya yang tak juntrung kejelasan dan otoritasnya?
      Lebih dari itu, kenapa ia harus sendirian menunggu ditanah antah berantah, dipisahkan dari sesama nabi-nabi lain yang ada disurga  didekat Tuhan?
      Tak ada Ulama dan Muslim yang mampu menjawabnya.
      Namun kita sependapat bahwa hal-akhirat semacam itu adalah murni dan MURNI karena masalah dosa semata. Muhammad menyadari keberdosaannya, dan mengakuinya secara  impilsit maupun eksplisit.
      “Tak ada bayi keturunan Adam yang dilahirkan yang tidak disentuh setan… kecuali Maryam dan anaknya (Yesus).” (Bukhari 4:55:641). Muhammad tersentuh setan.
      “Demi Allah! Saya minta pengampunan Allah dan balik bertobat kepada-Nya lebih dari 70 kali sehari” (Bukhari 8: 75: 319).
      Muhammad insyaf akan inferioritasnya ketimbang Isa Al Masih, walau rada-rada tersendad. Itu sebabnya, pada saat-saat kritis jelang menghembuskan nafasnya yang terakhir, Muhammad dalam kesadarannya yang paling dalam, merasa harus melakukan dua hal terakhir dan yang terutama:
      1.Minta ampun dan belas kasihan kepada TUHAN (awas, bukan ALLAH swt).
      2.DAN BUTUH minta dihubungkan baginya satu sosok yang paling misterius:
      “ Wahai Tuhan! Ampunilah saya” Kasihanilah saya dan hubungkan saya dengan Teman yang Mahatinggi” (Shahih Bukhari no.1573).
      Siapakah sosok paling berkuasa itu dihari kiamat? Muhammad pasti sangat tahu otoritas tersebut, namun nama sosok ini agaknya tak boleh keceplosan keluar dari mulut Muhammad. Namanya tetap harus terselubung, demi harga diri Muhammad sebagai Nabi Penutup segala nabi. Namun kita bisa menduga bahwa sosok misterius itu pasti sosok yangditandai paling berotoritas didunia dan dialam akhirat (3:45, 4:159, 43:61), yangterlanjur dihujatnya (9:30, 4:171 dll) dengan melaknati hakekat-ilahi dari “keanakan” Sosok tersebut (Lord’s Sonship).  Ya, Jibril tak kuasa menolong, ia bukan Yang Mahatinggi diakhirat, dan Allah bukan Temannya seorang mahluk Muhammad. Malahan Allah tidak menampakkan tanda kehadirannya sekalipun dipanggil-panggil Muhammad dalam lirihnya.Jibril yang “maha-setia” itu justru tak menjemputnya sebagaimana yang ia pernah dijemput penuh kehormatan dengan Buraq masuk ke Sidratul Muntaha.  Finished, tak ada yang butuh lagi sosok tua sekarat ini, tak ada yang hadir memberinya syafaat, karena mulutnya terkunci penuh dengan guilty-feeling sehingga tak punya nyali untuk memanggil satu-satunya nama Juru Syafaat: “I.s.a. Al.M.a.s.i.h”! Ia ditinggal sendirian ditempat Limbo (kosong ruang), diluar wilayah para nabi-nabi dan Tuhan yang diatas-namakannya sesukanya selama ini…
      KESIMPULAN
      Banyak Ulama dan Muslim ragu-ragu, was-was, dan mencari-cari  jawaban yang lurus, tanpa plintiran atau pemanis pelipur lara dengan istilah-istilah yang sesat. Pertanyaan polos itu adalah:
      “Apa semua Muslim akan masuk neraka? Dan dimana Muhammad sekarang ini?” Jawabnya yang polos dan selurusnya adalah: Jikalau Allah yang mendekritkan maka tentu IA memastikan bahwa tak ada satu Muslim yang diluputkan dari neraka. Dan tentang tempat kediaman Muhammad saat ini, Muslim boleh saja sesukanya memberi nama tempat yang muluk. Namun beliau sendiri berada diruang Limbo saat ini, bukan dilangit, tidak disurga atau Firdaus, terpisah dari semua para Nabi dan orang-orang kudusNya. Dan Musa-lah yang pertama-tama telah menjawabnya dalam bahasa Taurat yang lurus:
      NABI ITU HARUS MATI (Kitab Ulangan 18:20).
      Ya, Surat 19:71 yang paling menggetirkan ini memang sulit untuk tidak dibaca sebagai ayat kematian. Setiap pemanis tidak berguna. Salah-salah malah kena tulah karena mendustai ayat-Nya!

  21. ”Syallom” Buat ibu Anggelina Sabar yah…Karena kemalangan yg terjadi Saat ini…Berarti Tuhan Yesus Masih sayang sehingga di hajar sebagai anak supaya taat…Tuhan Yesus sudah kasih berkat yg sngat melimpah buat mbA Anggie kesuksesan… setelah sukses malah menyalibkan dia lagi ibrani 6:1 dst…Tuhan qta sungguh sangat baik tapi dia juga cemburu.gbu

  22. Aduuuh,soal maut..rezeki ataupun jodoh,bukan karena si angie pindah agama,sudah lah jangan menghujat lagi..lebih baik kita memperdalam iman kita lagi,biarkan itu jadi urusan pribadi masing-masing,GBU

  23. mba Anggelina percayalah wafatnya orang yang sangat dicintai adalah ujian buat hamba Allah yang taat. jangan menganggap ini adalah cobaan atau azap, yakinlah bahwa drajat mba Anggelina akan diangkat lebih tinggi lagi, perbanyaklah istihfar…………….. akan meringankan beban yang mba pikul. ( buat sodare2 yang menghujat. HORMATI DAN HARGAI KEPUTUSAN PRIBADI UNTUK MEMELUK AGAMA MASING2 ORANG LAIN ) Bukankah agama anda mengajarkan tentang perdamaian dan cinta kasih. TUNJUKAN ITU.

  24. Mbak Angie, turut berduka cita atas meninggalnya suami terkasih.. sedih banget ya? begitu juga Tuhan Yesus sedihnya melebihi kesedihanmu sekarang ketika engkau meninggalkan-Nya demi kebahagiaanmu yang semu. jangan pernah sekali kali menggadaikan imanmu pada-Nya demi sesuatu yang di dunia ini… tapi percayalah, Dia masih tetap terus mengasihimu.. Syaloom

  25. mba angie…saya turut berduka cita atas meninggalnya suami tercinta….saya ingin sampaikan bahwa Tuhan Yesus sangat mencintai mba Angie…apa yang angie anggap baik, sangat dicintai dan sangat dikasihi itu yang Tuhan ambil….semoga mba angie dapat memahami semua ini…Tuhan Yesus ristus memberkati….

  26. mba angie…saya turut berduka cita atas meninggalnya suami tercinta….saya ingin sampaikan bahwa Tuhan Yesus sangat mencintai mba Angie…apa yang angie anggap baik, sangat dicintai dan sangat dikasihi itu yang Tuhan ambil….semoga mba angie dapat memahami semua ini…Tuhan Yesus Kristus memberkati….

  27. syalom…

    sy..turut merasakan dukacitanya. serta sedihnnya mbak angie… tapi..lebih sedih dan dukacitanya hati saya waktu mbak angie meninggalkan Tuhan Yesus…tp..sy melihat jiwa kristiani mbak angie..masih ada ..yaitu masih pakai baju hitam..trus..semoga angie..bs membuktikan perkataan ayahnya … bahwa angie tdk pindah keyakinan…berbaliklah selagi masih ada waktu…amin…

  28. buat mbk angelina yang sabar ya mbk winda yakin allah memberi cobaan ini karena allah sayang dengan mbk dan percayalah mbk di balik cobaan pasti ada hikmanya jangan sedih ya mbk
    allah swt akan selalu melindungi mbk amin ya rabbaallamin

  29. ISLAM adalah agama yang benar hingga akhir zaman, memang Kristen adalah agama yang benar. tp itu dulu sebelum tangan manusia mengganti dan menambahkan hadist injil… tak ada berhala atau patung apapun yang patut di sembah kecuali ALLAH,SWT yang Maha Esa (satu)….Injil sudah dirubah makna oleh tangan manusia sebelum kita… tak ada Tuhan kecuali ALLAH,swt… fikirkan kembali…
    Angelina Sondakh ttp LAH pada ISLAM krn Allah,swt telah melimpahkan rahmatNYA pd mu… Ammmiinnn….

    1. Moel, Moel…

      kalau pemahaman Anda tentang agama orang lain Anda saja masih salah, lebih baik diam dan nggak usah menghakimi lah. Jawaban Anda juga menunjukkan kadar keimanan Anda yang seadanya kok, apapun agama yang Anda anut.

    2. Hei Bro Moel,: Klaim mu Islam adalah,Agama yg paling Benar sampai akhir Zaman itu sah sah saja,wong itu Agamamu,…Tp untuk menNilai INJIL , dgn mengatakan Injil mengajarkan menyembah Patung n Berhala,,itu bukan Domain sdr ! You belum mengerti apa-apa , mendingan jgn beri komentar.-
      Tuhan nya orang Kristen dan Katholik da Protestant adalah Satu (ESA ) NAMANYA YESUS KRISTUS,-tidak Dua apalagi Tiga.-
      Kalau Islam Agama yg Paling Benar lihat lah Perang saudara saling menjatuhkan -menbunuh.-Di negara negara Islam saat ini : Iraq,Libya syria ,Tunis,Mesir,…makanya Banyak dengar Berita dan Baca Koran,..Moel !.
      PerKara si Enji, masuk Islam ,meninggalkan Agamanya yg lama itu Hak Dia ,yang menerima Hukumannya nanti juga Dia ko ,..sekarang juga dia sdg menjalani Hulkumannya, Suami yg Memasukkan dia menjadi Islam sudah Game,,Sebentar lagi Dia juga akan Masuk Bui alias Hotel Pordeo,Karena KORUPSI, bersama-sama Nazarudin dan konco-konconya,…Tahankan,!!!

      1. Betul brurr……Korupsi bnyk yg islam. Teroris juga…. lihat tu Al Qaida…. FPI……. Tidak ada ajaran Tuhan Yesus kyk itu !!

  30. Kita mungkin sering terpikir untuk rencana sesaat saja dan apa yang kita rasakan sekarang..namun, rencana Tuhan yang jauh lebih dalam, lebih tinggi melampaui apa yang kita pikirkan namun terkadang tidak kita hiraukan…Semoga setiap hidup kita tetap kita serahkan pada Dia dan rancanganNya sajalah yang selalu menjadi panduan bagi kita sekarang dan selamanya..

  31. Benar kata ibu erna comment pada tgl 12 Mei 2009..Untuk masa depan seseorang tidak ada yang tau..hanya Tuhan…jadi jika ada sesuatu yang prinsip yang akan kita lakukan..pikirkan matang2 dan tanya Tuhan apakah itu baik u kita dan KemuliaanNYa…
    karena setinggi langit dari bumi, begitulah dasyatnya pandangan Tuhan kita Yesus…kita tidak boleh menghakimi sesama kita, lakukan lah yang baik semoga melalui kehangatan kasih Tuhan, kita bisa bangkit kembali untuk menjadi lebih baik…

  32. Sodara2 seklian adalah BAIK dan Bgus bagi Anda untuk saling menghargai dan menghormati keyakinan masing2 , jangan Menghujat, menghina atau mencerca Agama Anda (Kristen kan mengajarkan damai dan kasih syang???) .Tangg jwb kita Adalah Kepada Alloh yang Maha satu tidak beranak dan tidak diperanakan, tempat kita bergantung dan meminta, Alloh yang mengusai jagad raya . Bahkan mati anda dan saya ada dalam ‘KEKUASAANNYA’. jadi sadarlah bahwa kematian merupakan “Takdir’ dari Alloh dan merupakan ujian keimanan yang akan ‘MENGANGKAT DERAJAT ORANG YANG SABAR ATAS MUSIBAH TERSEBUT’ dan dgn kesabranya itu INSYA ALLOH Mereka nanti di Akherat akan diKumpulkan kembali OLEH ALLOH SWT YANG MAHA PERKASA dgn oraang2 yang mereka CINTAI di Surga.

    ‘Jadikanlah Sabar & sholat sebagai PENOLONGMU”.

    1. @Abduloh & Teddy anda alloh tidak beranak dan tidak diperanakan. Anda sendiri kurang paham soal Aquran…
      Baca Quran surat Ali Imran 3 ; 45 sampai 51

  33. Buat saya apapun kejadian yg dialami mba angelina adalah satu fase dimana bahwa lumrah manusia wafat namun sangat saya sayangkan anda menghujat gak sadar bahwa agama anda telah dibelokkan sejarahnya dan isi alkitabnya dan menganggap jamaah adalah domba piaraan yg menghasilkan buat penggembalanya, makanya sang pendeta merasa kehilangan domba piaraannya, hingga mengurangi penghasilannya. islam mengumpulkan jamaahnya bukan untuk menambahkan nilai kantong duitnya namun mengajak umat senantiasa ingat kalau manusia harus bertaqwa kpd ALLAH SWT. Ingat ustad yusuf wallony pernah bongkar kebobrokkan dikaum anda! sadari Tuhan maha kuasa, yg berhak memberi hukuman bukan seperti yang anda nyatakan telah digantung umat manusia untuk menebus dosa manusia yg laknat, tuhan tidak beranak dan tidak diperanakan, tuhan kalau lebih dari satu itu adalah ajaran syetan. mba angelina perlu ingat islam adalah agama yg benar…..! lebih jelas anda harus diskusi dgn pak ustad yusuf wallony (ex: rektor sekolah tinggi agama kristen dan (ex: penggembala para domba) pendeta

  34. mbak anggie…
    anda tidak sadar kalau sebenarnya anda telah kena tipu muslihat iblis. Anda dibutakan oleh hal2 dunia ini. Org yang sdh meninggal tidak akan mgkn ada lagi bersama2 kita di dunia ini. Itu setan yang menyamar menjadi pribadi seseorang. Mbak Anggie.. BERTOBATLAH sebelum terlambat. Buka deh di internet kesaksian seorg pelukis wanita di Korea yang di bw Tuhan ke neraka. perempuan itu melukiskan ttg keadaan di neraka. Sungguh sangat mengerikan. . jd kalau masih ada kesempatan hidup dan bertobat, bertobatlha sebab kalau sdh di neraka, tidak bisa lagi untuk bertobat. Apalagi untuk keluar dari neraka.

  35. Sungguh mengecewakan mbak angie hanya dengan cinta kepada seorang duda yg akhirnya cinta itu berakhir dg kesedihan yg mendalam .saudariku angie rela meninggal yesus jurus selamat yang selama 30 tahun menjadi pembing mbing dan suluh untk menjadi garam bagi umat yg percaya atas keselamatan.Saudari lahir di keluarga yg perjaya akan keselematan .saudariku hanya sekecap demi cinta yg semu rela meninggalkan keselamatan.saudari ku semoga tuhan yesus mengetuk pintu hatimu untuk kembali dan tuhan yesus mengampuni orang yg menyadari dosanya.saudariku angie semoga kamu di berkati tuhan yesus dan membing mbingmu dalam roh kudus amin

  36. syalom… maaf saya ikut masuk. maaf kalo tidak sepaham. buat saya pribadi. kak angie b uat keputusan seperti itu tidak ada yg salah dan tidak ada yg benar. krn menurut saya, org punya andil buat gimana mendekatkan diri kepada Pencipta. buat saya, Tuhan itu cuma 1. tidak ada Tuhannya org kristen, tidak adsa Tuhannya islam. ato Tuhan agama” di dunia ini. Tuhan itu satu! tidak ada agama yang salah selagi dia mengajarkan kebaikan! bukan saling menghina dan mencela!

    Terima Kasih. Syalom..

  37. Kalau kristen masuk islam.. umat islam bisa mengatakan hak setiap org utk berkeyakinan dan jgn menghina.. Tp sebaliknya jika islam murtad maka lantang mengatakan akan dilaknat,kafir,dan lbh baik mati.. Sunggu ajaran yg egois.. 1. Isa AS ialah jalan yang lurus yang patut diikuti
    “Wa innahu la’ilmu lis saa’ati fa laa tamtarunna bihaa wa tabi’unni haadzaa shiraathum
    mustaqiim…”
    Dan sesungguhnya Isa itu benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat
    kerana itu janganlah kamu ragu tentang hari kiamat itu dan ikutlah Aku. Inilah jalan
    yang lurus …
    (Az Zukhruf, 43:61)
    Isa AS adalah Roh Allah dan KalimatNya
    “Isa faa innahu Rohullah wa kalimatuhu…”
    Isa itu sesungguhNya Roh Allah dan FirmanNya
    (Hadis Anas bin Malik hal.72)
    6. Isa AS adalah Roh Allah yang menjelma menjadi Manusia yang sempurna
    “… arsalnaa ilaihaa ruuhanaa fa tamatstsala lahaa basyaran sawiyya.”
    …Kami mengutus Roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya
    menjadi Manusia yang sempurna…
    (Maryam, 19:17)
    Isa AS dilahirkan bukan dari bapa Insani, tetapi dari Roh Allah
    “Wallatii ahshanat farjahaa fa nafakhnaa fiihaa mir ruuhinaa Wa ja’alnaahaa wabnahaa
    ayatal lil ‘aalamiin”
    Ingatlah kisah seorang perempuan yang memelihara kehormatannya
    (Maryam) lalu Kami tiupkan kepadanya Roh Kami (Roh Allah) dan Kami
    jadikan dia dan Anaknya tanda (kuasa Allah) bagi semesta alam.
    (Al Anbiyaa, 21:91)
    9. Isa AS lahir, mati dan dihidupkan kembali
    “Wa salaamu ‘alayya yauma wulittu, wa yauma amuutu, wa yauma ub’atsu hayaa.”
    Dan sejahtera atasNya pada hari Dia dilahirkan, pada hari Dia wafat, dan pada
    hari Dia dibangkitkan hidup kembali.”
    (Maryam, 19:33)
    10. Isa AS mati, diangkat dan pengikutNya dipilih atas orang kafir
    “Idz qaalallahu yaa Isa, innii mutawafiika, wa raafi’uka ilayya, wa muthahhiruka minal
    ladzinaa kafaruu, wa jaa’ilul ladzina tabauka fauqal ladzina kafaruu ilaa yaumil qiyamati.”
    Ingatlah tatkala Allah berfirman; Hai Isa, sesungguhnya Aku akan
    mewafatkanMu, dan mengangkatMu depadaKu, dan akan menyucikan Engkau
    dari orang-orang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutiMu diatas
    mereka yang kafir hingga hari kiamat.”
    (Al Imran, 3:55)
    Isa AS berkuasa/terkemuka di dunia dan di akhirat
    “Idz qalatil malaikatu yaa Maryama innallaaha yubasyiruki bi kalimatim minhus muhul
    masihu ‘isabnu Maryama wajihan fiddun-yaa wal akhirati wa minal muqarrabiin.”
    Ketika malaikat berkata, hai Maryam sesungguhnya Allah menggembirakan
    kamu dengan Kalimah daripadaNya namannya Al Masih putra Maryam,
    terkemuka di dunia dan di akhirat dan orang yang paling dekat pada Allah.
    (Al Imran, 3:45)

    1. Ok bang jangan ragu lagi bahwa Yesus Kristus itu adl Isa Almasih, sang Juru Selamat. dia akan menghakimi. Baca Kitab Wahyu 22:12.

    2. tiada tuhan selain ALLAH dan tiada yang menyamainya dalam hal apapun, isa hanya seorang manusia yang bisa lapar, bisa sedih, dan dia hanya penyampai wahyu,, bahwa tuhan hanya ada satu dan tidak ada yang menyamainya di jagat raya ini…Peace

  38. qta inga sekali waktu do Infotainment Kabar-kabari atau Cek & Ricek…..Angie diwawancarai setelah rapat paripurna di DPR ttg keyakinannya saat berpacaran dgn Adjie….ia berkata tegas “Saya tidak akan pindah agama, Saya tetap Kristen Protestan”..

    Torang semua tau Angie kan hamil di luar nikah, jadi mau nda mau dia pindah agama….

    1. Waraney..bagitu noh tu orang yang so kalah pamor..
      Dengan bermacam cara dia mo beking..
      Sampe sampe dia se tinggal Pa Torang pe TUHAN

      Waktu dulu da se iko skolah minggu, remaja ,pemuda..
      So jadi putri indonesia, so se kaluar buku..
      Kong Pasti pasti le da tulis di buku rasa syukur kepada TUHAN YESUS..
      Apa depe balasan for TUHAN yesus..

      Sama dengan pepatah ja bilang kacang lupa kulit..
      Mar dia kacang yang so nda ada kuli..

      Tuhan so ba kerja…Apa yang berharga DIA ambe..
      DIA nda ba tanya, Dia nda ba bilang..

      For anggie : Ba bale jo sebelum terlambat..karna Tuhan pe hati ta buka for samua yang suka mo jadi depe anak kong mo pilih pa DIA sebagai JURUSLAMAT pribadi..

      1. syalom mbak Angie sy turut berdukacita atas berpulangnya mas Ajie. tetap sabar & jalani kehidupan pikirkan apa yg terbaik utk kehidupan ini ingat ada 3 org anak membutuhkan kasih Sayang .. dan ingat selalu jangan lupakan Tuhan t4 dimana mbak Angie dulu berasal … salam Anggi

  39. agama adalah hal personal, ortu-nya nggak salah toh dia udah dewasa & udah hamil duluan. mengenal “hal baru” apalagi di”injeksi” tentunya tanpa akal sehat. harusnya baca dulu terjemahan kitab suci “hal baru” tersebut, pasti akan menemukan hal-hal “ajaib”, hehehe…atau berguru dengan ALI SINA, FFI, faithfreedom.

    salam buat mbak angelina sondakh, pilihan-mu mantabs…tokcer lho…anda bukan kafir lagi, buka dhimmi lagi…udah jadi hamba-nya Allah, pengikut nabi…biarlah kami yang kafir ini tetap jadi KAISAR (mu)…hehehe…

  40. Buat Angie, selamat menjalani ujian dari apa yang sudah Anda taburkan sendiri. Kematian suami, terjerat perkara kasus korupsi, keguguran janin dalam kandungan, merupakan hal-hal yang menyakitkan hati. Namun karena Anda sendiri sudah memutuskan untuk meninggalkan iman kepercayaan kepada Tuhan Yesus, biarlah iman kepada Allah yang Anda sembah sekarang menuntun Anda untuk tetap tinggal menjalaninya dengan tabah. Tapi bila hati nurani Anda menuntun Anda untuk berbalik kepada kepercayaan yang dulu, jangan pernah ditunda-tunda lagi. Ujilah Allah yang Maha benar dengan segala kasih dan pengampunanNya. Saya mendoakan Mbak Angie.
    Tabik!

  41. apakah meninggalkan agama atau berpindah agama secara KTP atau tulisan berkaitan dengan kehidupan pasca kematian? Hubungan vertikal yang bisa mengetahuinya, setelah itu akan tergambar dalam hubungan horizontal …

  42. Turut berduka atas cobaan dan ujian beruntun atas diri Sdri. Angie. Saya berdoa dan berharap Tuhan Yesus, yang adalah Terang dunia dapat menerangi hati dan pikiranmu di tengah kegelapan dunia ini. Agar Sdri. dapat kembali ke JALAN yang benar oleh karena nama-Nya (Mazmur 23; Yohanes 14:6). Kiranya Tuhan Yesus menyatakan rahmat & belaskasihan-Nya untuk memelihara dan menuntunmu kembali kepada-Nya. Tuhan Yesus adalah Sumber kekuatan, kiranya dapat menyanggupkanmu menghadapi dan menjalani semuanya karena kita percaya bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan. Selamat Berjuang – dengan kasih & doa: Yeremia Suebu

  43. Sekarang Anggie, dalam perkara di KPK dari SAKSI telah ditingkatkan menjadi TERSANGKA.
    Anggie, jangan tinggalkan Kristus, baca alkitab Hakim-hakim 10:13 sbb: Tetapi kamu telah meninggalkan Aku dan beribadah kepada allah lain; sebab itu Aku tidak akan menyelamatkan kamu lagi”.

  44. Shalom Mba’ Angie,
    Bapa kita TUHAN Yesus Kristus sangat mengasihi Mba’ Angie…….., apa yang DIA ijinkan terjadi pada Mba’ Angie saat ini saya yakin dan percaya merupakan cara Bapa untuk membawa Mba’ mengingat kembali bahwa DIA lah pembela yang agung, dan TUHAN yang tidak membangkit-bangkitkan kesalahan kita dan sangat rindu agar anak-anakNYA kembali kepada DIA. Ingat TUHAN Yesus selalu memanggil, marilah kepadaKU hai kamu yang letih lesu dan berbeban berat AKU akan memberikan kelegaan bagimu. Mba’ Angie, TUHAN Yesus terus menunggumu…. DIA sangat cinta sama Mba Angie melebihi cinta siapapun di dunia ini kepada Mba Angie. Ambil keputusan yang tepat dan lihatlah keselamatan yang dari TUHAN akan segera dinyatakan, meskipun mungkin keselamatan itu bentuknya tidak seperti yang kita harapkan, tetapi yang jelas DIA selalu memberikan yang terbaik bagi kita.

  45. bicara soal agama – bicara soal usaha manusia untuk di terima oleh Tuhan melalui perbuatan baik…agar selamat. Tapi keselamatan adalah kasih karunia melalui kematian dan kebangkitan Kristus. Ingat apa kata nabi Yesaya..”kesalehan kami hanya seperti kain yang kotor.

  46. angie..apa gunanya kemewahan dan kemasyuran dunia kalau jiwamu binasa. Hidupmu hanya bagaikan uap yang sebentar saja hilang. Apa yang kamu cari….!

  47. sdra anggi…
    anda sedang di uji oleh Allah Swt sejauh mana imanmu saat ini, tetap sabar dan tawakal karena Allah Swt telah menjanjiakan surga untuk orang-orang yg beriman..

  48. jodoh,rejeki dan mati bukan manusia yang tuntukan janganlah kita saling memghina agama semua agama mengajarkan yang baik bukan mrngajarkan untuk asling menghina dan semua agama memiliki tujuan hidup yang baik,bukan untuk asling menghujat baik itu agama kristen maupun agama islam,setahu saya orang minahasa rukun dalam beragama tapi bila sudah saling menghina berarti kerukunan beragama anda hanya kemunafikan belaka yang anda ciptakan utnuk menutupi diri anda sendiri sebagai orang yang beragama,katanya memiliki agama tapi hanya bisa menghina terus terang saya beragama islam dan saya dari minahasa dan memiliki saudara yang kristen tapi kami tidak saling menghina karena kami tidak ingin di katakan munafik dalam beragama,jalanilah agama anda,dan belajarlah menghargai agama yang dianut orang agar orang bisa menghargai agama anda,dan belajar untuk rukun agar anda tidak di anggap sebagai provokator dalam umat beragama.

  49. banyak orang yng senang melihat penderitaan orang lain mungkin orang yang senang melihat orang menderita adalah orang yang sudah tak ada penderitaan, sangat disayangkan orang seperti itu yang lebih suka bersenang-senang diatas penderitaan orang lain,apakah ini yang dikatakan orang yang memiliki agama dan mugkinkah dalam agama anda mengajarkan hal demikian,kalau boleh dalam al-kitab anda diajarakan seperti itu.

  50. bener khan coba dulu mbak angelina tidak pindah agama… aku yakin kejadian ini gak akan menimpa mbak… agama itu anugerah tuhan yang gak bisa buat main-main… amin..

    1. Mbak Angie segera tobat, tinggalkan duniawi. Yesus masih mau mengampuni 70x70x70x…….
      Tinggalkan duniawi, ikuti Sang Juru Selamat Dunia. Pikirkan sebelum ajal menjemputmu,
      sadarlah itu semua upah kamu telah menjual Yesus. Segeralah tobat untuk mendapatkan gembalamu yang Sejati, yang tak akan membiarkan kamu terpelosok ke dunia yang membutakan imanmu. GBU

      1. juru selamet yang mana ? dari kehadiran yesus hingga kini dunia tidak semakin baik, kekacauan dimana-mana, bumi semakin panas, manusia semakin buas, domba semakin sesat. lalu dimana peran sang juru selamet…?

    2. sebagai orang percaya, kita diajarkan Tuhan Yesus untuk tidak boleh menghakimi sesama, mari kita berdoa memberikan kekuatan Roh Kudus untuk ibu angelina sondak dalam menghadapi pergumulan hidupnya, karena Tuhan Yesus mengasihi dombaNya yang hilang, dan Tuhan Yesus mengharapkan dombaNya itu kembali ke pangkuanNy. Aminnnn !

  51. Kita sampe skarang masi ta bingo2 alias bingung, apalagi klo mobaca ngoni samua pe komen… sebenarnya Yesus itu siapa ?? Tuhan ato Nabi…
    Klo Yesus itu Tuhan, maka posisinya berada diatas Allah ato dibawahnya…??
    Jika dia Tuhan mengapa ia dilahirkan dari vaginanya seorang manusia…??

  52. Salam sejahtera, maaf ya saudara-saudari seiman, bukan karena saya lebih pintar lebih suci bukan tetapi kalau boleh saya mengungkapan pendapat, apa yg yang kalian koment memang benar, tetapi marilah kita merendahkan hati seperti Yesus ya, perintah Yesus pada kitakan SALING MENGASIHI, jd kalau memang teman2 benar-benar memahami dan mau mengikuti perintah Yesus marilah kita ga usah melayani dan berdebat apalagi menghakimi, karena Hakim yang agung Yesus kan teman-teman, jadi biar lah apa yang di utarakan oleh saudara kita dari seberang tidak usah di perdebatkan tetapi kalau kita benar-benar mencintai Tuhan Kita Yesus marilah kita menuruti perintah-Nya dan mengatakan dengan kelembutan dan keredahan hati kepada mereka bahwa benar adanya Yesus adalah Tuhan Sang Juruselamat terserah mereka mau percaya atau tidak yang penting kita sudah turut bekerja dan bersaksi bagi Tuhan, dan Yesus pun pasti tidak menghendaki kalau kita menggunakan cara yang salah dgn berdebat menggunakan hati yang penuh dengan kebencian , amarah, dan menghakimi. Apa yang kita perbuat dahulu, saat ini, dan akan datang ini tercatat dalam buku kehidupan oleh Yesus sekarangpun apa yang kita perbuat, dan katakan di catat dan kalau nanti Yesus datang menjemput kita tidak lama lah Yesus akan membuka buku kehidupan itu dan menghakimi kita satu persatu,dan memberikan ganjaran menurut perbuatan kita masing-masing, jadi marilah kita berlomba berbuat kebaikan dan kasih selama di dunia ini karena kita hidup tidak lama dan di akhirat lah untuk selamanya.,oke.teman-teman.Semoga Roh Kudus Tuhan kita Yesus Kristus menjamah hati kita masing-masing agar kita mampu melakukan kebaikan dan Firman-Nya.Tuhan beserta dan Berkati kita, Amin.

  53. untuk semua saudara2 seiman, mari kita bantu dukung didalam doa buat ibu angelina sodak, jangan kita menambah salibnya semakin berat, dengan menghakimi serta menghujat dia, Tuhan Yesus tidak pernah mengajarkan kita seperti itu, yang Dia ajarkan adalah “Kasih” terhadap semua orang, bahkan musuh kita sekalipun. GBU !

  54. Saya sudah membaca semua komentar diatas. Semuanya benar menurut keyakinannya. Tidak ada yang salah menurut pikirannya. Tetapi mengapa selalu tidak benar dipikiran umat ciptaan tuhan yang lain. Coba kita pikir dan renungkan dalam dalam dalam dalam……sampai …. kita berpikir siapakah kita ini. Kita beragama kristen kebetulan yang melahirkan kita kristen. KIta beragama Islam kebetulan yang melahirkan kita Islam. Begitu juga agama2 yang lain. akita hidup ini hanya menjalani proses dari lahir sampai mati. Setelah mati kita tidak tahu akan kemana. Saya sangat sedih dengan komentar2 diatas. Menimbulkan perpecahan antar umat beragama. Pantas kalau Indonesia kacau saat ini. Maaf atas masukan saya ini sekedar sebagai bahan renungan.

    1. syalom ….
      didalam kehidupan kristen, kita percaya kalo segala sesuatu yang terjadi, yang kita alami itu bukian suatu kebetulan tetpi ALLAH mempunyai rencana buat kita , baik kita dilahirkan di keluarga kristen ato islam Tuhan punya rencana yang sangat indah bagi kita. dan inilah iman kristen jika kita sdh waktuNya kembali kerumah BAPA mk kita tidak lagi kebingungan akan kemana setelah mati ) tapi kita mendiami rumah yang kekal yang sdh dipersiapkan Tuhan. YESUS YANG GAK BERDOSA DIBUAT BERDOSA, KRN DOSA KITA, DI KORBANKAN NYAWANYA UNTUK KITA. BAIK INJIL / ALQRN MANGATAKAN HANYA DIA YANG MENJADI HAKIM YANG ADIL. DAN KESLAMATAN DIJAMIN PASTI OLEHNYA.. BUKAN MUDAH-MUDAHAN ATO SEMOGA ( QS 46 : 9 ) (Katakanlah: “Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku dan aku tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan”.) sdr2ku yang sdh komen diatas kalian mehujat, menhina itu hak sdr krn itu harus terjadi . namun ingat kalo kalian belum paham betul alquran / islam jangan mengaku islam n silahkan belajar lebih lagi tentang alquran pertanyaannya >>> alquran n hadist penting mana?

  55. Ya, Angelina masuk Islam, itu pilihannya. Tapi saya justru tidak jadi muallaf kr Qur’an juga. Qur’an sangat jujur memberi tahu kita bahwa yg pertama adl Adam dan terakhir adl nabi Muhammad SAW. Ini betul,dan kebanyakan orang akan memilih yg terakhir. Tapi saya beda, saya lebih memilih yg terkemuka atau terbesar atau termulia – tergantung tafsir mana kita gunakan -, di antara yg pertama, Adam sampai yg terakhir nabi Muhammad SAW, Qur’an dengan jujur mengatakan adl Isa al-Masih (s. 3 Ali Imran 45). Jadi saya tidak memilih yg terakhir, tetapi saya lebih memilih yg terkemuka atau terbesar atau termulia, bukan saja di dunia tapi juga di akhirat. Ini yg membuat saya batal muallaf. Kr itu saya menghimbau Angie kembali pd yg terkemuka atau terbesar atau termulia di dunia dan di akhirat, kr hanya Dia yg dapat menolong dan memberi solusi atas persoalan yg Angie hadapi. Hanya Dia yg dapat memberi Angie kebahagian dan kedamaian sejati. Amin.

    Ini juga boleh jadi bahan renungan bagi ayah Angelina. Mau Kristen mau Islam, tetap Isa al-Masih atau Yesus Kristus adalah terkemuka atau terbesar atau termulia di dunia dan akhirat (Matius 28: 18/s.3 Ali Imran 45).

  56. Tingkah laku birokrat sering membuat masyarakat kecewa. Mereka bukannya berjuang gigih untuk keadilan dan kesejahteraan rakyatnya, malah memprioritaskan diri sendiri dan keluarganya.

  57. gara2 angelina sondakh di issue kan pndh agama, anda2 pd ribut. anda2 msh ada hub famili dgnya?. ngapain mikir orang lain???. pikir tuh sdr2 seiman dg kalian yg msh hidup dlm kemiskinan. dibantu pakai materi, jngn cm pkai doa.. tuhan udh bising dg doa2 kalian. mana ajaran cnt ksh itu?. sbg umat, aku malu dg ffi, murtadin, dst…. mereka jelas2 mau menodai agama dan mempermalukan tuhan. pikir baik2 dan renungkan, apa orang2 yg menodai agama ky mereka bkl ditolong tuhan untk ke sorga?. mereka itu ky yudas. pengkhianat ksh tuhan.

  58. Terus terang saya bersyukur dilahirkan oleh orang tua yang kedua2nya beragama Islam.
    Alquran itu kitab suci bukan ciptaan manusia..isinya bener2 untuk pegangan umatnya sampai akhir jaman ( masalah perkawinan, warisan, teknologi, kisah-kisah para nabi sebelumnya/untuk dijadikan contoh pelajaran bagi manusia. Dll) . Tidak ada kitab suci yg mengatur tentang manusia sesuai kodratnya seperti Alquran. Selain itu tidak ada satupun yang dapat menghafal kitab suci kecuali Alquran (anak kecil dan orang buta huruf tapi hafal Alquran)

    Muhammad SAW adalah Rasul yg ditunjuk oleh Allah SWT sebagai penyempurna ajaran2 terdahulu yg dibawa oleh para Nabi

    Islam tidak memaksa orang untuk mengikuti ajarannya.
    Termasuk Angie yg sudah melakukannya
    Semoga Cobaan – cobaan yg dialaminya dia diberi kekuatan kesabaran , ketenangan oleh Allah SWT. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s