Punya 86 Istri, Ingin Menikah Lagi

Harian Komentar, 3 September 2008

PRIA yang memiliki 86 istri asal Nigeria, Mohammed Bello, merencanakan untuk menikah lagi. Padahal sebelumnya, ada perintah dari pimpinan agama setempat, agar Bello mencerai-kan istri-istrinya, kecuali empat orang istri. Bello sendiri telah memiliki 170 anak dari istri-istrinya itu.
Bello sudah di-warning untuk meninggalkan kampungnya jika tidak segera menceraikan istri-istrinya dan hanya memiliki 4 istri saja. Bello sebagaimana laporan surat kabar setempat, sudah setuju untuk menceraikan semua istrinya, kecuali empat, dan meminta waktu untuk me-mulangkan mereka pada ke-luarganya.
Namun juru bicaranya, Moham-med Tahir, membantah ada per-janjian seperti itu. “Ia tidak akan menceraikan para wanita itu. Malahan ia akan menikah lagi,” kata Tahir. “Sejak ia menikahi para wanita itu, tidak ada dari mereka atau anak-anaknya pernah keluar untuk mengemis pangan atau uang. Ia tidak me-langgar undang-undang dan tidak ada dari istrinya yang
telah melakukan pelanggaran yang akan menjadi dasar bagi perceraian,” katanya.
Bello sendiri mengatakan, dirinya memiliki 86 istri, itu semua karena berkat Tuhan. ‘’Seorang pria yang memiliki 10 istri, mungkin akan kolaps dan meninggal. Tapi saya mendapatkan kekuatan dari Tuhan. Itulah sebabnya saya bisa mengatur 86 istri saya,’’ katanya seperti dilansir BBC. Bello menambahkan, istri-istrinya itu mau dinikahinya, karena dirinya memiliki repu-tasi dalam menyembuhkan orang. ‘’Saya tidak mencari mereka, tapi mereka yang da-tang kepada saya. Saya pikir Tuhan telah meminta saya un-tuk melakukan itu dan saya tinggal menikahi mereka.’’ Bello mengatakan, tidak ada kalimat larangan dalam Quran memiliki 86 istri atau lebih dari empat. ‘’Tidak disebutkan batasan jumlah istri, itu ter-gantung pada kemampuan-mu,’’ katanya.
Yang menarik, sejumlah is-trinya, ada yang lebih muda usianya dari sejumlah anak-nya dari istri tuanya. Sedang-kan salah seorang istrinya, Sharifat mengatakan, dirinya awalnya berobat ke Bello. ‘’Ke-tika saya menemuinya, sakit kepala saya hilang. Dan Tuhan mengatakan, inilah waktunya saya menjadi istrinya,’’ kata Sharifat. Lain halnya penga-kuan Ganiat, istri Bello lain-nya. Awalnya dia hanya ber-konsultasi dengan Bello terkait perkawinannya terdahulu yang berakhir cerai.
Dia kemudian bersedia di-nikahi Bello, setelah Bello ka-takan bahwa itu perintah ‘Tuhan’. ‘’Sekarang saya men-jadi wanita paling bahagia di dunia. Sebab dia (Bello), pria yang memiliki 86 istri, tahu ba-gaimana menjaga istri-istrinya.’’
Bello menambahkan, para istrinya tidak bekerja semua-nya. Menariknya, sejumlah is-trinya tidur bersama dalam se-buah kamar. Ketika disentil pen-dapatannya untuk membiayai para istri-istri dan ratusan anaknya, Bello enggan mengo-mentari. ‘’Itu semua dari Tu-han,’’ katanya. Yang pasti, se-tiap makan, mereka harus memasak tiga kali bakul berisi 12 kilogram beras.

Tinggalkan Balasan

