Misteri Di Balik Ketindisan Waktu Tidur

Harian Kompas, Minggu, 21 September 2008 | 14:07 WIB

Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? Tenang, Anda bukan sedang diganggu mahkluk halus. Ini penjelasan ilmiahnya!

KEJADIAN ini sering saya alami sejak zaman SMA, bahkan hingga sekarang (meski frekuensinya sudah sangat berkurang). Saat hendak bangun dari tidur atau baru saja terlelap, saya merasa seperti ditindih sesuatu. Ini membuat saya sulit bangun ataupun berteriak minta tolong.

Lalu, ada sedikit rasa dingin menjalar dari ujung kaki ke seluruh tubuh. Untuk bisa bangun, satu-satunya cara adalah menggerakkan ujung kaki, ujung tangan atau kepala sekencang-kencangnya hingga seluruh tubuh bisa digerakkan kembali.

Setelah itu, biasanya saya tidak berani tidur. Takut kesadaran saya hilang atau kejadian itu berulang lagi. Apalagi saat kejadian, saya seperti melihat sebuah bayangan di kegelapan.
Pernah saya saya bercerita tentang hal ini pada ibu saya. Beliau mengatakan saya mengalami tindihan. Dan menurut kepercayaan orang tua, yang menindih adalah makhluk halus. Ih, seram ya! Namun, logika saya berusaha mencari penjelasan ilmiah. Inilah hasilnya

Sleep Paralysis
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Jangan Anggap Remeh
Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.

Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.

Mitos Sleep Paralysis Di Berbagai Negara
– Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
– Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.
– Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
– Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.
– Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.
– Di budaya Tuki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.
– Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.
– Di budaya Vietnam, disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.
– Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.
– Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.
– Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis.
Erma Dwi Kusumastuti

18 thoughts on “Misteri Di Balik Ketindisan Waktu Tidur

  1. saya sering banget mengalami hal seperti itu.pikirean saya pada saat itu pun saya seperti melihat sosok bayangan makhluk yang besar.tetapi setel;ah membaca artikel anda saya jadiu lebih paham penyebabnya.

  2. makasi buat penjelasannya..

    sebelumnya saya pikir karena ada sesuatu yang ingin mengganggu saya. sekarang jadi lega setelah tau lebih lanjut penjelasannya.

  3. Gw jg PRNAH ngalamin KtinDIHAN sperti ITW,,,

    TAPI GW jauh lebIH PARAH,,,

    kayak KETindihan GAJAH,,,

    HIKS,, HIKSS,, HIKSS,,,,

  4. Thåñx bwgt péñjélåsåñx..térñyåtå åpå yg slålü mjådì ptåñyååñq slmå ìñì tjåwåb südåh kl yg ñåmåx måkhlük hålüs yg dtg mdüdùq qt ìt g åd..émåñgx dy g åd kèrjàåñ y xìxìxì

  5. nice info,.
    lumayan sering sy ketindihan, ky yg d duduki d dada sesak bgt, pdhal sadar tpi bdan susah d gerakan hehe mirip bgt sma apa yg d jelaskan d atas, stelah sy sadar dari ketindihan sy suka langsung keluar dari kamar dan tidur d kamar mamah hhi.. saking pengen taunya, brusan sy searching d google tentang ketindihan akhirnya nemu deh penjelasan ilmiahnya😀

  6. Baru kemarin malam sy mengalaminya. Pagi harinya sy mendengar dari satpam kalau lingkungan di sekitar tempat sy nginap ini angker.
    awalnya sy mengira mungkin karna itulah sy ketindisan. Tapi sy gk puas dan berusaha mencari mungkinkah ada penjelasan yg logis untuk itu semua. Dan ternyata sy mendapatkannya di sini.
    dengan membandingkan tulisan anda dgn apa yg telah sy lakukan pada pagi sampe sore hari sebelum tidur malam, dan juga bagaiman posisi sy tidur.
    itu semuanya persis sama. Kmarin sy sangat kelelahan karna habis menjalani seharian penuh kegiatan tanpa melakukan kebiasaan sy tuk tidur siang.
    Dan posisi saat tidur pd malam itu juga sy telentang.
    sangat logis penjelasan anda. Terimakasih.

  7. menurut legenda nenek moyang saya
    ketindisan itu emang benar digangguin makluk halus.
    emeng she saya lum pernah Ngalamin hal macam itu, tp itu emang keyataan kok, karena nenek z pernah critain hal macam itu ma saya.kata ketindisan itu diduduki makluk halus.
    menurut mitos orang toraja ketindisan itu, emang sering terjadi bila seseorang berhayal atau memikirkan hal yang gak jelas jika mau tdr,,,,

  8. saya rasa penjelasan yang di tunjukkan oleh ilmu kedokteran saya kurang percaya saya cenderung percaya bahwa ktindisan di sebabkan oleh peran mahluk halus yang usill,,,,
    wallahu alam,,,walaupun sbenarx saya paling anti mitos,,,,,

  9. Mmg sulit untk sy trm,Sy bru aja trbangun dr tdur sy pd 14/01.30,sy tdur sendiri di kamar,sblm kejadian itu terjadi,sy mmg mengalami mmpi aneh,dan mendengar swr seseorg teriak2,dan ada yg memainkan gagang pintu,dan dtg seseorg di sblh kiri sy,dlm htgan dtik stlh dy dtg,lgsung bdn sy tdk bs brgerak dan tdk bs teriak,hal ini udh 2x sy alami prtm thn 2008.

  10. sngt mmbntu…sy jdi lbh mngrti mngnai mslh ini.infox bsa mmbuat sy lbh mngevaluasi dri.kelelahan,negatif thingking,stress,itu smua masuk akal untuk bsa mnggu tdr.sy sdr….doa dan konsentrasi sngnt prlu apbla kta ingn tdr…

  11. saya mengalami ketindisan kamarin tapi disiang hari. saya merasa ketakutan krn itu pertama kali sy alami. sesuai dng pnjelasan d’atas mmang kodsisi tubuh sy agak lemah mungkin krn kecapean dan banyak fikiran.

    makasih info.y🙂

  12. sbnarnya sy kurang yakin, ….pernah ketika ketindihan, saya melihat sesosok bayangan putih terbang dari luar kemudian menyambar badan saya, dan seketika saya bangun lalu terhempas,,,,,…..
    dan biasanya…… ada tanda2 sebelumnya sebelum saya tidur dan ketindihan seperti suara dan semacamnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s